Apa Itu Broquet

Apa Itu Broquet

 

Secara umum katalisator adalah suatu zat atau substansi yang meningkatkan kecepatan suatu reaksi pada suhu tertentu tanpa di – transformasi, atau dalam arti kata sesuatu yang mengubah laju reaksi kimia tetapi kimia itu sendiri tetap tidak berubah.

Dalam proses kimiawinya, Katalisator ini bekerja dengan mengurangi energi yang diperlukan untuk terjadinya reaksi kimia sehingga menghemat energy, waktu, dan biaya yang telah dikeluarkan dan otomatis bisa dipakai pada rasio kompresi mesin (CR) kendaraan berapapapun angkanya.

BROQUET™  adalah jenis Katalisator kategori tersempurna didunia karena terbuat dari bahan logam mulia berkualitas jenis Platinum, Paladium,Rodium Ruthenium, Au, Ag , dan sejenisnya – yang ditempatkan pada permukaan Alumunium Oksida berkualitas tinggi.

Logam mulia yang sangat terkenal mahalnya ini bertindak sebaga katalisator, sehingga sangat effektif, tahan lama, dan tidak larut dalam bahan bakar Hidrokarbon.

Dibuat dalam bentuk pelet dengan masing-masing pelet menjadi kombinasi logam bertulang bersama dalam sebuah proses yang unik. Katalis ini hanya efektif bila di dekatkan dengan baja ringan. Cara pasangnya dimasukkan ke dalam tangki bahan bakar, atau terkandung dalam tabung baja untuk pemasangan langsung ke dalam saluran bahan bakar.

Berbagai versi sudah dirumuskan dan dievaluasi dalam laboratorium terkini, dan pada saat ini sudah tersedia formula khusus untuk tujuan komersial khususnya mobil dan motor apapun type dan jenisnya. Apakah kendaraan mesin karburator atau EFI (Electronic Fuel Injection).

Bahan bakar terbuat dari senyawa organic yang pada tingkat molekul tersusun oleh unsur-unsur yang berenergi tinggi dan rendah. Pada saat bahan bakar meninggalkan kilang minyak ( Refinery ) maka bahan bakar tersebut mengalami perubahan, yaitu penurunan ( degradasi ) kualitas dan kehilangan energy potensialnya – yang disebabkan oleh proses oksidasi dan pertumbuhan mikroorganisme.

Pada awalnya bahan bakar yang terdegradasi tidak bisa dilihat dengan kasat mata. Dengan masa penyimpanan yang lama dan pengaruh lingkungan maka bahan bakar akan berubah menjadi semacam pernis yang mengental. bahan bakar yang kualitas turun ini positif menimbulkan masalah serius, pada umumnya pengendara tidak mengerti, antara lain :
  1. Meningkatnya jumlah karbon / kerak yang menempel pada saluran.
  2. Membutuhkan pemanasan yang relative lama.
  3. Asap berlebihan dan mengeluarkan emisi yang bahaya bagi lingkungan.
  4. Bahan Bakar jadi kehilangan daya untuk membakar dengan efisien dan optimal
Dengan demikian, pada saat bahan bahan bakar sampai ke tangan konsumen, bahan bakar tersebut telah mengalami penurunan energi terutama pada unsur-unsur pokok bahan bakar yang mudah terbakar. Padahal mesin motor dirancang dengan menggunakan bahan bakar yang dihasilkan langsung dari kilang minyak (refinery) dimana kualitasnya masih murni dan belum terkontaminasi. Akibatnya, mesin kendaraan tersebut tidak bisa bekerja dengan efisien dan optimal,mesin ngelitik,bahan bakar jadi boros, mengakibatkan emisi tinggi.

 

Read more ...

Bahan Bakar Premium Tarikannya Pertamax Plus

Bahan Bakar Premium  Tarikannya Pertamax Plus
Ada sebagian pengguna motor karena ingin tarikan motornya lebih responsif, lebih irit dan lebih terjaga mesinnya, maka salah satu pilihan dalam penggunaan bahan bakarnya adalah menggunakan pertamax.

Akan tetapi dari sebagian orang tersebut, tidak sedikit juga yang lama kelamaan terasa makin berat uang yang mesti dikeluarkan untuk selalu bisa membeli pertamax.

Tenang.. dengan alat ini anda tidak perlu lagi mengeluarkan dana lebih hanya untuk membeli pertamax demi motor kesayangan Anda.

Betul.. lupakan pertamax, ganti bahan bakar Anda dengan premium, selain nantinya hemat bensin, dengan menggunakan alat ini tarikan motor Anda bakal 11-12 alias sama persis kayak Anda pake bahan bakar Pertamax Plus.

Nah, berikut ini saya coba jelaskan lebih detil :

Seperti sudah dijelaskan pada artikel-artikel terdahulu bahwa Broquet adalah sebuah katalisator logam (bukan additive/tidak bersifat elektrik) yang berbentuk lempengan baja (besarnya seperti permen mentos atau sebesar kapur barus yang pipih) yang didalamnya ada 13 unsur kimia, diantaranya adalah Paladium, Platinum, Rhidium.

Produk ini diciptakan sejak 1941 di United Kingdom – Inggris oleh Seorang Ahli Kimia Inggris dan Teamnya (Royal Air Force), Masuk dan mulai dipasarkan di Indonesia sejak 1999 Oleh PT. BROQUET INDONESIA.

Lalu FUNGSI dari BROQUET itu sendiri adalah mensempurnakan setiap tetes bensin premium yang akan masuk kedalam ruang pembakaran mesin sepeda motor.

MENGAPA BENSIN HARUS DISEMPURNAKAN ??? jawabannya HARUS !!!, hal ini karena bensin bermuasal dari fosil – fosil alami bumi, dimana lambat laun memiliki sifat kimiawi tetap yaitu 40% kondisinya dipastikan basi. Akibat 40% basi inilah hasil pembakaran dimesin sepeda motor jadi tidak sempurna.

Apa akibatnya, jika premium tidak disempunakan ??? Jelas besar dampaknya dong !!! beberapa dampaknya adalah sebagai berikut :
  1. Emisi gas buang jadi meningkat tajam.
  2. Power mesin sepeda motor dipastikan turun.
  3. Tarikan gas jadi berat.
  4. Dipastikan sepeda motor jadi boros.
  5. Kerak karbon dalam ruang bakar mesin kian tebal – sehingga membuat fatal kerusakan mesin sepeda motor.
  6. Mesin gampang mati mendadak & tidak bisa distater.
Nah, Keuntungannya apa kalau motor Agan2 yang berbahan bakar Premium ditambahkan atau dipadukan dengan Broquet ini ? Jelas keuntungannya BUANYAK..

UNTUNG PERTAMA : SAMA DENGAN PAKAI BENSIN PERTAMAX PLUS. Mengapa? karena bensin premium include BROQUET dipastikan bisa menambah power mesin sepeda motor.

UNTUNG KEDUA : SAMA DENGAN PAKAI BENSIN PERTAMAX PLUS. Mengapa ? karena bensin premium include BROQUET dipastikan membuat tarikan gas jadi ringan dan enteng.

UNTUNG KETIGA : SAMA DENGAN PAKAI BENSIN PERTAMAX PLUS. Mengapa? karena bensin premium include BROQUET dipastikan bisa menghemat bensin sampai dengan 20%.

UNTUNG KEEMPAT : SAMA DENGAN PAKAI PERTAMAX PLUS. Mengapa? karena jelas- jelas kerak karbon diruang pembakaran mesin jadi bersih, sehingga mesin tidak gampang rusak.

UNTUNG KELIMA : SAMA DENGAN PAKAI PERTAMAX PLUS. Mengapa? mesin sepeda motor tidak lagi ngelitik, tarikan mesin ringan dan responsif.
UNTUNG KEENAM : SAMA DENGAN PAKAI PERTAMAX PLUS. mengapa? Mesin sepeda Motor otomatis jadi terawat seperti baru, karena komponen mesin terjaga dengan baik.

UNTUNG KETUJUH : SAMA DENGAN PAKAI PERTAMAX PLUS. Mengapa? karena hanya dengan membeli bensin premium @Rp. 4.500/Liter sama halnya dengan beli bensin pertamax plus @Rp.9.500,-….itupun masih ditambah lagi, yaitu irit bensin sampai dari 20%.

TERUS BAGAI MANA CARA PASANG BROQUET DISEPEDA MOTOR ??? Jawabannya : Cukup simpel, sederhana dan gampang sekali, ikatkan ujung tali kawat baja ringan pada BROQUET dan pangkalnya juga diikatkan pada penutup tangki bensin. JIKA SUDAH TERIKAT, cemplungkan kedalam tangki sepeda motor ( posisi harus terendam bensin premium ) selamanya sampai 400.000 KM.

Apakah Broquet ada masa pemakaiannya (Experied ) ???
ADA, yaitu sampai dengan 400.000 KM atau sekitar kurang lebih 10 tahun.

Apa aja Tipe Broquet untuk Motor dan Berapa Harganya ???
  • BROQUET™ TYPE B1 untuk motor dibawah 115 cc
  • BROQUET™ TYPE B2 untuk motor 115cc sampai 200 cc
  • BROQUET™ TYPE B4 untuk motor 200cc sampai 500 cc
Petunjuk pemakaian BROQUET™ untuk motor :

Cara Pasang : Buka segel, masukkan ke dalam tangki bensin premium biarkan posisi terendam selamanya. Proses awal hanya makan waktu 1 jam, setelah itu bekerja dengan sendirinya.

HARGA BROQUET™ untuk motor :
  • BROQUET™ TYPE B1@ Rp. 120.000,-
  • BROQUET™ TYPE B2 @ Rp. 240.000,-
  • BROQUET™ TYPE B4 @ Rp. 480.000,-

Berikut ini cara pemesanan BROQUET™ :

PAKET / KIRIMAN
(dari jakarta dan Bandung)

VIA JNE
(tarif ongkos kirim klik www.jne.co.id)

*caranya mudah,hanya 3 langkah saja.
1. PEMESANAN
Setelah anda menentukan barang yang ingin anda pesan.
SMS ke 0858 8837 3108, dengan format :
Jenis Produk#Jumlah Barang#Nama Lengkap#Kota/Daerah
Contoh:
BROQUET™ TYPE B1#2pcs#Nandang Joe Tarigan#Depok
Tunggu balasan info stok barang yang anda pesan dan total pembayaran (Barang + Ongkos kirim)

2. PEMBAYARAN
Setelah anda mendapat total pembayarannya, silahkan transfer via salah satu rekening di bawah ini :
No. Rek BCA : 1392-5660-36 a.n NETI
No. REK. Mandiri : 132-00-1388721-2 a.n NETI

3. KONFIRMASI PEMBAYARAN
Setelah transaksi selesai, kirim “FORMAT KONFIRMASI PEMESANAN” sebagai berikut via sms.

PENTING !!! Harap di isi dengan lengkap.
Ketik :
Konfirmasi Pemesanan.
Nama lengkap :
Pesanan/Tipe produk :
Alamat lengkap (kode pos) :
(Trans ke rek BCA/Mandiri, Rp.—————– a.n.—————-)

CATATAN HARAP DIBACA :
  • Pemesanan anda hanya akan diproses ke pengiriman, apabila pembayaran telah kami  terima.
  • Tidak perlu mengirimkan bukti transfer anda.
  • Konfirmasi transfer setelah jam 3 sore WIB di kirim esok hari.
  • Selanjutnya anda akan mendapat sms balasan kabar pengiriman (no.resi jne), paling lambat jam 11.30 malam WIB.
  • Apabila telah mendapat no resi nya, silahkan cek status pengiriman di www.jne.co.id


Read more ...

Mengapa Anda Harus Memilih Alat Penghemat BBM Broquet

Mengapa Anda Harus Memilih Alat Penghemat BBM Broquet

Tahukah anda bahwa saat terjadi pembakaran didalam ruang bakar atau chamber, BBM yang kita gunakan TIDAK sepenuhnya terbakar. Kira-kira hanya berkisar 80% dari total BBM yang terbakar dan sisanya tertinggal menjadi residu atau kerak karbon.
 
Nah, Kenapa kita harus memilih Alat Penghemat BBM Broquet untuk kendaraan kesayangan kita ??? Karena Broquet merupakan campuran dari puluhan logam mulia yang terdiri dari 3 unsur kimia utama. Yakni, Platinum, Radium, dan Paladium.

Platinum dan Radium adalah jenis senyawa kimia yang dapat menguraikan unsur kimia dalam BBM yang kita gunakan dan menyusun kembali hingga menyatu kembali, sehingga molekul antar BBM dapat semakin rapi dan kuat. Alhasil, saat memasuki ruang bakar BBM yang kita gunakan dapat terbakar lebih sempurna. Lalu Paladium adalah senyawa kimia yang dapat mempercepat proses katalis yang dilakukan oleh Broquet ini.

Selain dapat mengkatalis BBM kita, broquet dapat mencegah BBM basi dan mengoptimalkan pembakaran dalam mesin. Tidak hanya itu, Broquet ini juga dapat melunakkan residu-residu atau kerak-kerak sehingga kerak-kerak tersebut dapat ikut terbakar dalam ruang bakar. Logam ini dapat bertahan hingga 400.000 KM atau kurang lebih 10 tahun.

Oke, tidak berpanjang kalimat lagi, yuk segera pesan sekarang dan segera rasakan kedahsyatan alat ini..


Read more ...

Keuntungan Pakai Alat Hemat Bensin Broquet

Keuntungan Pakai Alat Hemat Bensin Broquet

Alat hemat bensin BROQUET™ bekerja pada unsur – unsur pokok bahan bakar yang terdegradasi meminimalkannya dan dapat meningkatkan konsentrasi molekul berenergi tinggi dari bahan bakar, sehingga dapat dihasilkan pembakaran yang jauh lebih baik, mesin akan lebih mudah dihidupkan, pemanasan dan asap berkurang dan komponen saluran bahan bakar tetap lebih bersih, baik pada mesin yang berkarburator maupun system injeksi. Bahan bakar yang segar akan akan menjaga injektor, karburator, dan busi tetap bekerja pada kapasitas yang optimal.



BROQUET™ bekerja untuk menstabilkan kualitas bahan bakar sehingga otomatis bisa dipakai pada rasio kompresi mesin (CR) kendaraan berapapapun angkanya , mengurangi oksidasi dan meminimalkan pertumbuhan mikroorganisme untuk menghasilkan tenaga dan yang lebih baik.

Alat hemat bensin BROQUET™   juga memberikan keuntungan sebagai berikut :
  1. Meningkatkan penghematan bahan bakar kendaraan minimal i 15% .
  2. Meningkatkan tenaga kuda dan kecepatan putaran (akselerasi) motor sampai 30%
  3. Tidak memiliki efek samping yang negatif dan tidak menyebabkan gangguan atau menimbulkan kerusakan apapun pada mesin kendaraan.
  4. Mengurangi biaya perawatan komponen sparepart kendaraan
  5. Jika dipakai di kendaraan dapat bertahan hingga 400.000km atau 10 Tahun.
  6. Mengurangi asap, menurunkan emisi gas buang HC, CO, NOx
  7. Otomatis meningkatkan kualitas bahan bakar kendaraan jadi selalu fresh.
Semua materi referensi hemat bensin ini di rangkum dari berbagai literatur ilmiah dunia automotive baik luar maupun dalam, termasuk beberapa saran dari pakar automotive ditanah air.

Tujuannya adalah agar nantinya Anda tidak terjebak pada kegalauan dalam mengambil keputusan “Cara Menghemat BBM Kendaraan Dengan Benar”.
Maka gunakanlah alat hemat bensin yang lebih terpercaya, BROQUET™ THE FUEL CATALYST jawabannya.

Semoga bermanfaat.

Read more ...

Cara Kerja Broquet

Cara Kerja Broquet

Tidak seperti zat aditif Bahan bakar, BROQUET™ tidak menambahkan apapun kedalam bahan bakar, sehingga otomatis bisa dipakai pada rasio kompresi mesin (CR) kendaraan berapapun angkanya.

Sesuai dengan pengertian katalisator itu sendiri,   BROQUET™  tidak larut dan tidak diserap oleh bahan bakar. Intinya   BROQUET™   tidak berubah. 

BROQUET™ secara sederhana hanya menciptakan reaksi molekuler pada bahan bakar sehingga memberikan peningkatan tenaga mesin dan kerja yang tetap sama ( stabil ) pada tiap tangki bahan bakar.




BROQUET™ mengubah atau memperbaiki bahan bakar yang digunakan dalam proses pembakaran sebelum memasuki ruang pembakaran dengan melalui suatu proses yang disebut proses de-crack.

Katalisator bereaksi terhadap bahan bakar yang tidak murni tersebut dan mengubahnya menjadi molekul-molekul kecil yang sangat aktif yang menyebabkan proses pemutusan semua rantai parafin panjang menjadi Alkana jenuh yang memiliki berat molekul yang lebih ringan.

Hal ini mengakibatkan bahan bakar terbakar lebih bersih, lebih lengkap dan   memperbaiki proses pembakaran. Proses ini mirip dengan proses pemutusan rantai karbon yang digunakan diindustri minyak (petroleum industry) untuk membuat bahan bakar dengan oktan lebih tinggi, seperti PERTAMAX, PERTAMAX PLUS, SHEEL, SHEEL SUPER dan sejenisnya.

Material bahan bakar yang sebenarnya memiliki berat tertentu tetapi dalam kenyataannya tercampur dengan material-material lain yang lebih ringan dan lebih berat yang dapat menimbulkan masalah dalam proses pengapian (ignition). Campuran material yang lebih ringan tersebut terbakar lebih cepat menyebabkan pengapian awal (pre-ignition), sedangkan campuran material yang lebih berat tersebut terbakar lebih   lambat menyebabkan timbulnya asap dan gas emisi.

Dengan reaksi elekto kimia, BROQUET™ mengubah atau memperbaiki material bahan bakar yang lebih ringan dan lebih berat tersebut menjadi suatu sumber energi yang bermanfaat. sehingga otomatis bisa dipakai pada rasio kompresi mesin (CR) kendaraan berapapun angkanya.

Read more ...

Sifat Kimiawi Tetap Bahan Bakar Bensin atau Solar

Sifat Kimiawi Tetap Bahan Bakar Bensin atau Solar


Bensin atau solar merupakan bahan bakar tak terbarukan yang terbuat dari minyak bumi. Terbentuk dari sisa-sisa tanaman dan binatang (diatom) yang hidup ratusan juta yang disebut fosil. 

Sisa-sisa jasad renik inilah yang kemudian ditutupi dengan lapisan sedimen dari waktu ke waktu. Dengan tekanan ekstrim dan suhu tinggi selama jutaan tahun, sisa organisme ini akan menjadi campuran hidrokarbon cair (senyawa kimia organik dari hidrogen dan karbon) yang kita sebut sebagai minyak mentah.

Kilang memecah hidrokarbon ini menjadi produk yang berbeda. Pemilahan produknya ini termasuk diantaranya bensin, solar, residu, dan produk sejenis.

Karena dari fosil bumi maka jumlahnya lama kelamaan menipis otomatis harganya pun dari waktu kewaktu kian melambung tinggi. Apalagi yang disebut Bensin atau solar yang berkualitas tinggi, kelak harganya selangit dan kita berat menjangkaunya.Saat ini saja sudah tembus pada kisaran harga 9500 sampai 12000.

Sebagaimana sifat kimiawi tetap dari bensin atau solar itu sendiri bahwa pada saat bensin atau solar meninggalkan kilang minyak ( Refinery ) maka bensin atau solar tersebut mengalami perubahan, yaitu penurunan ( degradasi ) kualitas dan kehilangan energy potensialnya – yang disebabkan oleh proses oksidasi dan pertumbuhan mikroorganisme.

Pada awalnya bensin atau solar yang terdegradasi tidak bisa dilihat dengan kasat mata. Dengan masa penyimpanan yang lama dan pengaruh lingkungan maka bensin atau solar akan berubah menjadi semacam pernis yang mengental. Bensin atau solar yang kualitasnya turun ini positif menimbulkan masalah serius pada kendaraan.

Jenis Bensin dan Oktan di Indonesia
Read more ...

Beda Mesin Karburator dengan Electronic Fuel Injection (EFI)

Seperti diketahui berkisar Tahun 1990 beberapa produsen kendaraan di Indonesia telah lama mengembangkan dan mengaplikasikan Mesin EFI (Electronic Fuel Injection) pada produknya,. Mesin EFI adalah mesin yang dilengkapi piranti EFI atau  Elecronic Fuel Injection, menggantikan sistem karburator.

Pada mesin karburator, bensin dari tangki disalurkan ke ruang pelampung dalam karburator melalui pompa bensin (mekanis/elektrik) dan saringan bensin. Selanjutnya bensin masuk ke mesin melalui lubang jet dalam ruang venturi (ruang untuk menambah kecepatan aliran udara masuk ke mesin). Sehingga jumlah bensin yang masuk tergantung pada kecepatan aliran udara yang masuk dan besar lubang jet.

Pada mesin ELECTRONIC FUEL INJECTION (EFI), bensin diinjeksikan ke dalam mesin menggunakan injektor dengan waktu penginjeksian (injection duration and frequency) yang dikontrol secara elektronik. Injeksi bensin disesuaikan dengan jumlah udara yang masuk, sehingga campuran ideal antara bensin dan udara akan terpenuhi sesuai dengan kondisi beban dan putaran mesin.  Generasi terbaru EFI dikenal dangan sebutan Engine Management System (EMS), yang mengontrol sistem bahan bakar sekaligus juga mengatur sistem pengapian (duration, timing, and frequency of ignition).

ANDA HARUS MEMAHAMI INFO TEKNOLOGI INI.
 
Perlu diketahui bahwa mesin EFI cendrung berkapasitas cc lebih besar, untuk manghasilkan tenaga besar maka di perlukan mesin-mesin yang bertorsi tinggi dan kompresi lebih tinggi.

Berikut sifat bahan bakar jenis gasolin yang termasuk di dalamnya adalah premium, pertamax, dan pertamax plus dan sejenisnya. Kadar oktan di dalam premium di indonesia itu kira-kira kurang dari 90% sementara pertamax lebih tinggi kadar oktannya dari premium, dan pertamax plus sekitar 95%.

Sifat bahan bakar yang oktannya lebih rendah akan mudah terbakar di dalam mesin yang berkompresi lebih tinggi sehingga ketika jenis bahan bakar ini digunakan pada mesin EFI maka di saat mesin pada posisi langkah kompresi – bahan bakar yang terkompres itu akan terbakar dengan sendirinya (self burning) sebelum di bakar oleh percikan api dari busi (spark plug) di titik mati atas (tdc). Dengan demikian bahan bakar akan banyak tebakar sia sia tanpa menghasilkan tenaga dan akan menimbulkan suara nglitik (fuel knok).

Mesin dengan perbandingan kompresi tinggi tidak bisa bekerja dengan baik bila diberi premium. Kalaupun dipaksa meski tetap bekerja kemampuannya menghasilkan tenaga tidak maksimal.Saat digeber tidak bisa lari, Ini tandanya mesin protes.


Dianjurkan mengisi bensin sesuai nilai rasio kompresi (kecuali ada modifikasi lain). Semakin tinggi nilai oktan, maka bensin semakin lambat terbakar (dikarenakan titik bakarnya lebih tinggi). Semakin tinggi nilai oktan, maka bensin lebih sulit menguap (penguapan rendah). Bensin yang gagal terbakar (akibat oktan terlalu tinggi), bisa menyebabkan penumpukan kerak pada ruang bakar atau pada klep.
 
Jadi apa bila Anda mendengar suara nglitik pada mesin kendaraan Anda di saat akselerasi mendadak, itu adalah suara bahan bakar yang terbakar sebelum waktunya (self burning) dan jangan kaget kalo bahan bakar akan semakin boros.Hal ini sering dirasakan pengendara dan rata rata pengendara tidak paham penyebab terjadinya suara ngelitik mesin.

Dan itulah kenapa mesin2 jenis EFI diharuskan pakai bensin oktan tinggi sebut saja pertamax karena sifat pertamax itu sendiri tidak akan terbakar (self burning) sebelum titik mati atas (tdc)
Read more ...

Pengertian Premium, Pertamax dan Solardex



Pengertian Premium

Premium adalah bahan bakar minyak jenis distilat berwarna kekuningan yang jernih. Premium merupakan BBM untuk kendaraan bermotor yang paling populer di Indonesia. Premium merupakan BBM dengan oktan atau Research Octane Number (RON) terendah di antara BBM untuk kendaraan bermotor lainnya, yakni hanya RON 88.
Adapaun spesifikasi dari premium itu sendiri adalah : menggunakan tambahan pewarna dye, mempunyai Nilai Oktan 88, dan menghasilkan NOx dan Cox dalam jumlah banyak.

Pengertian Pertamax

Pertamax adalah produk BBM dari pengolahan minyak bumi. Pertamax dihasilkan dengan penambahan zat aditif dalam proses pengolahannnya di kilang minyak. Selain itu, Pertamax memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan Premium.
Pertamax direkomendasikan untuk kendaraan yang diproduksi setelah tahun 1990, terutama yang telah menggunakan teknologi setara dengan electronic fuel injection (EFI) dan catalytic converters (pengubah katalitik).

Pengertian Solardex

Solardex adalah bahan bakar mesin diesel modern yang memenuhi emisi gas buang EURO2
Memiliki performa tinggi dengan angka Cetane lebih dari 53,memiliki kualitas tinggi dengan kandungan sulfur dibawah 300 ppm, memenuhi unjuk kerja untuk mesin diesel teknologi terbaru (Diesel Common Rail System), penggunaan lebih ekonomis, dikembangkan dengan menggunakan aditif terbaru, sehingga membuat kinerja mesin maksimal ekonomis dan lebih bertenaga.

Solardex mengandung beberapa additive dengan bahan dasar PIBSI (Poly Isobutane Succinmides), yang bersifat Synthetic,metal free dan halogen free. Aditif ini mengandung bahan anti foaming, anti corrosion dan detergen.

Read more ...

Referensi Alat Agar Kendaraan Hemat Bensin (1)

Referensi Alat Agar Kendaraan Hemat Bensin (1)

 

 

 

Diantara referensi jumlah puluhan alat hemat bensin / bahan bakar yang telah diteliti, baik buatan lokal maupun buatan luar yang sudah dapat pengakuan dunia internasional automotive, maka menurut Bapak TEGUH ARIWIBOWO EX. GM. OPERASIONAL PT. NIAGA MOBIL NASIONAL (MOBNAS), Anda dipilihkan referensi cara hemat bensin “Certificate of Regristration BE EN ISO 9001:2000” sebuah produk yang bersertifikasi internasional tertua didunia – sejak 1941, yaitu Merk BROQUET™ The Fuel Catalyst buatan United Kingdom – Inggris.

Di Indonesia, alat ini masuk dan dipasarkan sejak 1999 hingga sekarang. Agen Tunggal Pemegang merk alat ini adalah PT. BROQUET INDOENSIA berkantor pusat di Jakarta.
Sebagian besar pengendara JAKARTA sudah pada tau, mungkin karena sejak Tahun 1999 setiap kali ada even pameran nasional automotive, seperti halnya : Pekan Raya Jakarta Fair, International Indonesia Motor Show, Jakarta Motor Cycle Show, selalu ada.

Dan perusahaan ini selalu berada pada space stand pameran kategori terbesar sejajar dengan pemain automotive nasional seperti: Honda, Toyota, Mitsubhisi,Suzuki, Nissan, dan lain lain

Fungsi manfaat alat ini sebagai PENYEMPURNA KUALITAS BAHAN BAKAR khusus bahan bakar jenis hydrokarbon seperti bensin atau solar.

Berikut dijelaskan secara singkat cara kerja dari alat ini berdasarkan logika ilmiahnya , jika alat ini posisi sudah terpasang pada kendaraan Anda, baik itu dimobil maupun dimotor Anda.

A. JIKA BENSIN PREMIUM INCLUDE BROQUET DIAPLIKASIKAN PADA MOTOR ATAU MOBIL YANG BERMESIN SETARA EVI (ELECTRONIC FUEL INJECTION) ATAU BERMESIN KONVENSIONAL SEPERTI KARBURATOR.

Menurut petunjuk “Manual Book” kendaraan bermesin kompresi tinggi seperti EVI diharuskan pakai bensin okton tinggi seperti pertamax, bukan bensin oktan rendah seperti premium.

Mengapa?, karena Sifat bahan bakar yang oktannya lebih rendah akan mudah terbakar di dalam mesin yang berkompresi lebih tinggi sehingga ketika jenis bahan bakar ini digunakan pada mesin EFI maka di saat mesin pada posisi langkah kompresi – bahan bakar yang terkompres itu akan terbakar dengan sendirinya (self burning) sebelum di bakar oleh percikan api dari busi (spark plug) di titik mati atas (tdc). Dengan demikian bahan bakar akan banyak tebakar sia sia tanpa menghasilkan tenaga dan akan menimbulkan suara nglitik (fuel knok).

Nah…sekarang coba pakai bensin premium include alat ini. Broquet sesuai fungsi dan kerjanya adalah mengubah atau memperbaiki bahan bakar yang digunakan dalam proses pembakaran sebelum memasuki ruang pembakaran dengan melalui suatu proses yang disebut proses de-crack. Katalisator bereaksi terhadap bahan bakar yang tidak murni tersebut dan mengubahnya menjadi molekul-molekul kecil yang sangat aktif yang menyebabkan proses pemutusan semua rantai parafin panjang menjadi Alkana jenuh yang memiliki berat molekul yang lebih ringan. Hal ini mengakibatkan bahan bakar terbakar lebih bersih, lebih lengkap dan   memperbaiki proses pembakaran.

Tidak seperti zat aditif Bahan bakar, alat ini tidak menambahkan apapun kedalam bahan bakar. Sehingga otomatis bensin premium include alat ini, bisa dipakai pada rasio kompresi mesin (CR) kendaraan berapapapun angkanya ( asal bukan modifikasi ).

Suara mesin ngelitik otomatis hilang karena bensin terbakar semua – tepat pada waktunya, tanpa ada yang tersisa sehingga tarikan pedal gas berubah jadi ringan seiring perubahan tenaga mesin kembali optimal…kedua variabel ini adalah salah satu faktor untuk menghemat bensin kendaraan Anda.

Berikut bukti dan hasil testimoni dari ribuan kendaraan yang sudah pakai alat ini sejak Tahun 1990 hingga saat ini – yang berhasil saya temui :
  1. Bensin premium include alat ini ternyata bisa dipakai disemua mesin kendaraan berapapun rasio kompresinya, dan hasilnya setara dengan tarikan pertamax.
  2. Suara ngelitik hilang seketika.
  3. Tarikan gas jadi ringan tenaga mesin kembali optimal.
  4. Pada mesin konvensional (karburator) hemat bensin premium 15%.
  5. Pada mesin EVI (ELECTRONIC FUEL INJECTION) hematnya sungguh sangat luar biasa. HEMAT PERTAMA 100%, yaitu peralihan dari pertamax ke premium. HEMAT KEDUA 15%, yaitu dari bensin premium itu sendiri bisa hemat 15%.
  6. Setelah dites, emisi gas buang turun hingga 50%.
  7. Sparepart mesin jadi awet tahan lama.
  8. Terbukti bisa dipakai sepanjang 400.000km atau selama 10 Tahun.
Read more ...

Referensi Alat Agar Kendaraan Hemat Bensin (2)

Referensi Alat Agar Kendaraan Hemat Bensin (2) 

 

 

 

Berikut lanjutan penjelasan secara singkat cara kerja dari alat ini berdasarkan logika ilmiahnya , jika alat ini posisi sudah terpasang pada kendaraan Anda, baik itu dimobil maupun dimotor Anda. (Silahkan membaca materi sebelumnya Referensi Alat Agar Kendaraan Hemat Bensin (1) ) 

B. JIKA SOLAR SULFUR 4500PPM INCLUDE BROQUET DIAPLIKASIKAN PADA KENDARAAN BERMESIN DIESEL COMMON RAIL SYSTEM ATAU KENDARAAN BERMESIN DIESEL YANG KONVENSIONAL.


Sifat alat ini khusus dipakai pada bahan bakar yang berjenis hydrocarbon, solar termasuk diantaranya.

Seperti bahan bakar bensin, bahan bakar solar juga bermuasal dari perut bumi atau terbentuk dari sisa-sisa tanaman dan binatang (diatom) yang hidup ratusan juta yang disebut fosil. Artinya semakin lama tersimpan maka energi potensialnya jadi turun.

Harga solar yang dipatok Rp.4.500,- perliter mengandung sulfur 4500ppm. Anda bisa bayangkan jika solar kadar sulfurnya 4500ppm dipakai pada mesin diesel yang berteknologi baru seperti “Diesel Common Rail System”…jika Anda ngga tau akibatnya silahkan tanya pada seluruh pakar automotive yang ahli dibidang mesin diesel, apa yang terjadi. Anda pasti terbelalak setelah tau apa resiko besar pada mesin diesel Anda.


Saya sarankan jika mobil anda bermesin diesel apalagi bermesin modern seperti “Diesel Common Rail System” sebaiknya pakai bahan bakar solar yang mengandung kadar sulfur dioksida rendah. Seperti : Solardex kadar sulfur dioksida 300ppm, SolarSheel kadar duslfur diosida 550ppm, Solartotal kadar sulfur diogsida 550ppm.


Hal ini untuk menghindari jebolnya mesin. Kalau sudah jebol biayanya lebih mahal jika dibanding mesin bensin.


Harga solar kadar sulfur rendah sungguh sangat mahal, yaitu berkisar 12.500,- perliter.

Naah… coba pakai solar sulfur 4500ppm include alat ini.


Alat ini adalah jenis Katalisator kategori tersempurna didunia karena terbuat dari bahan logam mulia berkualitas jenis Platinum, Paladium,Rodium Ruthenium, Au, Ag , dan sejenisnya – yang ditempatkan pada permukaan Alumunium Oksida berkualitas tinggi. 

Logam mulia yang sangat terkenal mahalnya ini bertindak sebaga katalisator, sehingga sangat effektif, tahan lama, dan tidak larut dalam bahan bakar Hidrokarbon.

Berikut bukti dan hasil testimoni dari ribuan kendaraan bermesin diesel konvensional atau yang bermesin modern seperti Diesel Common Rail System (DCRS) yang sudah pakai alat ini sejak Tahun 1990 hingga saat ini – yang berhasil saya mintai keterangan :

  1. Terbukti bisa meningkatkan kualitas solar.
  2. Mengurangi kadar sulfur diosida
  3. Terbukti mengurangi emisi sampai 50%.
  4. Setelah mesin dibongkar terbukti kerak karbon jadi bersih.
  5. Bisa memperpanjang masa umur penggantian sparepart.
  6. Terbukti meningkatkan performa mesin.
  7. Hemat 15% dari solar sulfur 4500ppm
  8. Tidak ada solardex…no problem ( ini faktanya)
  9. Terbukti bisa dipakai sepanjang 400.000km atau selama 10 Tahun.
Read more ...

Daftar pemakaian BBM kendaraan berdasarkan Ratio Kompresi

Daftar pemakaian BBM kendaraan berdasarkan Ratio Kompresi

Mesin dengan perbandingan kompresi tinggi tidak bisa bekerja dengan baik bila diberi premium. Kalaupun dipaksa meski tetap bekerja kemampuannya menghasilkan tenaga tidak maksimal.Saat digeber tidak bisa lari, Ini tandanya mesin protes.

Dianjurkan mengisi bensin sesuai nilai rasio kompresi (kecuali ada modifikasi lain). Semakin tinggi nilai oktan, maka bensin semakin lambat terbakar (dikarenakan titik bakarnya lebih tinggi). Semakin tinggi nilai oktan, maka bensin lebih sulit menguap (penguapan rendah). Bensin yang gagal terbakar (akibat oktan terlalu tinggi), bisa menyebabkan penumpukan kerak pada ruang bakar atau pada klep.

Berikut ini daftar pemakaian BBM kendaraan berdasarkan Ratio Kompresi :

Kendaraan Roda Dua

YAMAHA
Vega-R (9.3:1) Pertamax Vega-ZR (9.3:1) Pertamax Mio (8.8:1) Premium Jupiter (9.0:1) Premium F1ZR (7.1:1) Premium RX-KING (6.9:1) Premium YT 115 (7.2:1) Premium RZR (7:01) Premium Nouvo (8.8:1) Premium Crypton (9.0 : 1) Premium Yamaha Alfa (7.2 : 1) Premium Yamaha RXZ (7.0 : 1) Premium Jupiter-Z (9.3:1) Pertamax Jupiter MX-135LC (10.9:1) Pertamax Plus Scorpio-Z (9.5:1) Pertamax VIXION (10.4:1) Pertamax/pertamax plus Majesty 125 (11:01) Pertamax Plus Scorpio (9.5:1) Pertamax.

SUZUKI
Satria FU (10.2:1) Pertamax/pertamax plus Shogun New FL125 Series (9.6 : 1) Pertamax Shogun FD125 X (9,5 : 1) Pertamax Thunder 125 (9.2 : 1) Premium/Pertamax Spin 125 (9.6:1) Pertamax SkyWave 125 (9.6 :1) Pertamax.

KAWASAKI
Kawasaki Blitz R 53 mm x 50.6mm 111 cc 9.3 : 1 (Pertamax) Kawasaki Athlete 56 mm x 50.6mm 124.6 cc 9.8 : 1 (Pertamax) Kawasaki Ninja 250 62 mm x 41.2mm 2x 250 cc 11.5 : 1 (Pertamax Plus) Kawasaki KLX 250 72 mm x 61,2mm 249cc 11 : 1 (Pertamax Plus) Kawasaki Ninja RR 150 7.2 : 1 (Premium) Kawasaki Kaze 9.3 : 1 (Pertamax).

HONDA
Honda GL 100 52 x 49.5mm 105.1 cc 9.2 : 1 (Pertamax) Honda GL Max 56.5 x 49.5mm 124.1 cc 9.2 : 1 (Pertamax) Honda GL Pro 61.0 x 49.5mm 144.7cc 9.2 : 1 (Pertamax) Honda Supra 50.0 x 49.5mm 97.1 cc 8.8 : 1 (Premium) Honda Tiger 63.5 x 62.2 mm 196.9cc 9.0 : 1 (Premium) Honda Megapro 63,5 x 49,5 mm 156.7cc 9.0 : 1 (Premium) Honda CS-1 58 x 47,2 mm 124.7 cc 10.7 : 1 (Pertamax Plus) Honda Supra PGM FI 52,4 x 57,9 mm 124.8cc 9.0 : 1 (Premium) Honda Blade 50 x 55,6 mm 109.1 cc 9.0 : 1 (Premium) Honda Vario 10, 7:1 (Pertamax Plus) Honda CBR 150 R 11:1 ( Pertamax Plus) Honda Beat 125 9.2 : 1 (Pertamax) Honda Scoopy 108 cc 9.2 : 1 (Pertamax) Honda Absolute Revo 110 cc 9 : 1 (Premium).


Kendaraan Roda Empat.

SUZUKI
Swift 9,5:1 Pertamax Grand Vitara 10,5:1 Pertamax Plus Grand Escudo XL-7 9,5:1 Pertamax Escudo 2.0 9,3:1 Premium/Pertamax Escudo 1.6 9,5:1 Pertamax Baleno 9,5:1 Pertamax Aerio 9,5:1 Pertamax APV 9,0:1 Premium/Pertamax Karimun 8,8:1 Premium Katana 8,8:1 Premium Carry 1.5 8,9:1 Premium Carry 1.0 8,9:1 Premium Carry 1.3 9,0:1 Premium Esteem 1.6 GT 9,5:1 Pertamax Side Kick 8,9:1 Premium SX-4 10,5:1 Pertamax Plus.

HONDA
Jazz I-Dsi 10,4:1 Pertamax/Pertamax Plus Jazz V-Tec 10,1:1 Pertamax/Pertamax Plus City I-DSi 10,5:1 Pertamax/Pertamax Plus City V-Tec 10,1:1 Pertamax/Pertamax Plus Stream 1.7 9,5:1 Pertamax Stream 2.0 9,4:1 Pertamax

TOYOTA
Starlet XL 1.000 cc 9,3:1 Premium/Pertamax Starlet SE 1.3 9,5:1 Pertamax Twin Cam 9,5:1 Pertamax Great Corolla 9,5:1 Pertamax Avanza 11:1 Pertamax Plus Yaris 10,5:1 Pertamax/Pertamax Plus Innova 2.0 9,8:1 Pertamax Innova 2.7 9,7:1 Pertamax Rush 10:1 Pertamax/Plus Alphard 2400 cc 9.8 : 1 Pertamax Alphard 3500 cc 10.8 : 1 Pertamax Plus.

NISSAN
X-Trail 2.0 9,9:1 Pertamax Terano 8,3:1 Premium Livina 1.5L 10,5:1 Pertamax/Pertamax Plus Livina 1.8L 9,9:1 Pertamax Sentra Genesis 9,3:1 Pertamax Cefiro 9,5:1 Pertamax/Pertamax Plus

DAIHATSU
Xenia EJ (vvti) 11:1 Pertamax Plus Terios 10,0:1 Pertamax/Pertamax Plus Taruna EFI 9,5:1 Pertamax/Pertamax Plus Sirion 10,0:1 Pertamax/Pertamax Plus Ceria 9,5:1 Pertamax Mitsubishi Eterna DOHC 9,8:1 Pertamax Eterna SOHC 8,5:1 Premium Lancer DOHC 10,5:1 Pertamax Plus.

Ini hanya sebagian kecil penggunaan BBM pada beberapa jenis kendaraan. Untuk mengetahui kompresi kendaraan Anda bisa kita lihat di buku manual kendaraan yang Anda simpan. Setidaknya dengan menggunakan BBM yang sesuai dengan kompresi kendaraan kita akan bisa memperpanjang usia mesin kendaraan kita.

 

Read more ...

Masalah Pokok Kendaraan di Dunia

Masalah Pokok Kendaraan di Dunia


 Ada setidaknya 8 permasalahan pokok kendaraan di dunia, antara lain :

  • Bahan bakar minyak bumi memiliki sifat kimiawi tetap yaitu basi. Semakin lama meninggalkan kilang minyak maka energy potensialnya semakin menurun. Hal ini disebabkan karena pertumbuhan mikroorganisme dan proses oksidasi alam.
  • Perkembangan teknologi mesin kendaraan mengenakan EFI (Electronic Fuel Injection) dan catalytic converters (pengubah katalitik) mengharuskan pakai bensin yang beroktan tinggi. Jangan sekali-kali pakai bensin oktan rendah.

  • Biaya operasional kendaraan saat ini 35% dari total biaya.Terbilang tinggi.
  •  Harga bensin oktan tinggi hampir dua kali lipat lebih dibanding bensin premium.
  • Harga sparepart asli sangat mahal harena merujuk nilai tukar dollar US


  • Dampak pemakaian bensin oktan rendah pada EFI (Electronic Fuel Injection) dan catalytic converters (pengubah katalitik) disamping boros akan menciptakan masalah besar pada kerusakan mesin, terutama bagian piston bisa jadi jebol bolong dan stang jadi bengkong rusak.

  • Pada mesin kendaraan konvensional ( karburator ) jika pakai bensin oktan tinggi akan menghasilkan performa kurang bagus. Hal ini karena sifat bensin oktan tinggi tidak akan terbakar (self burning) sebelum titik mati atas (tdc) sehingga menyisakan kerak karbon.
  • Pada mesin kendaraan konvensioanl (karburator) pemakaian bensin oktan rendah – yang tidak fresh (energy potensialnya sudah menurun) akan mengakibatkan hasil pembakaran tidak sempurna, sehingga mencipatakan emisi tinggi. Endingnya performa mesin tidak bisa maksimal dan bahan bakar jadi boros.
Read more ...

13

13
Read more ...

14

14
Read more ...

15

15
Read more ...

16

16
Read more ...

17

17
Read more ...

18

18
Read more ...

19

19
Read more ...

20




Read more ...

Video Persentasi

Tek Berjalan

ukuran teks berjalan