Masalah Pokok Kendaraan di Dunia
Ada setidaknya 8 permasalahan pokok kendaraan di dunia, antara lain :
- Bahan bakar minyak bumi memiliki sifat kimiawi tetap yaitu basi.
Semakin lama meninggalkan kilang minyak maka energy potensialnya semakin
menurun. Hal ini disebabkan karena pertumbuhan mikroorganisme dan
proses oksidasi alam.
- Perkembangan teknologi mesin kendaraan mengenakan EFI (Electronic
Fuel Injection) dan catalytic converters (pengubah katalitik)
mengharuskan pakai bensin yang beroktan tinggi. Jangan sekali-kali pakai
bensin oktan rendah.
- Biaya operasional kendaraan saat ini 35% dari total biaya.Terbilang tinggi.
- Harga bensin oktan tinggi hampir dua kali lipat lebih dibanding bensin premium.
- Harga sparepart asli sangat mahal harena merujuk nilai tukar dollar US
- Dampak pemakaian bensin oktan rendah pada EFI (Electronic Fuel
Injection) dan catalytic converters (pengubah katalitik) disamping boros
akan menciptakan masalah besar pada kerusakan mesin, terutama bagian
piston bisa jadi jebol bolong dan stang jadi bengkong rusak.
- Pada mesin kendaraan konvensional ( karburator ) jika pakai bensin
oktan tinggi akan menghasilkan performa kurang bagus. Hal ini karena
sifat bensin oktan tinggi tidak akan terbakar (self burning) sebelum
titik mati atas (tdc) sehingga menyisakan kerak karbon.
- Pada mesin kendaraan konvensioanl (karburator) pemakaian bensin
oktan rendah – yang tidak fresh (energy potensialnya sudah menurun) akan
mengakibatkan hasil pembakaran tidak sempurna, sehingga mencipatakan
emisi tinggi. Endingnya performa mesin tidak bisa maksimal dan bahan
bakar jadi boros.
Title: Masalah Pokok Kendaraan di Dunia; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5