Masalah Pokok Kendaraan di Dunia

Masalah Pokok Kendaraan di Dunia


 Ada setidaknya 8 permasalahan pokok kendaraan di dunia, antara lain :

  • Bahan bakar minyak bumi memiliki sifat kimiawi tetap yaitu basi. Semakin lama meninggalkan kilang minyak maka energy potensialnya semakin menurun. Hal ini disebabkan karena pertumbuhan mikroorganisme dan proses oksidasi alam.
  • Perkembangan teknologi mesin kendaraan mengenakan EFI (Electronic Fuel Injection) dan catalytic converters (pengubah katalitik) mengharuskan pakai bensin yang beroktan tinggi. Jangan sekali-kali pakai bensin oktan rendah.

  • Biaya operasional kendaraan saat ini 35% dari total biaya.Terbilang tinggi.
  •  Harga bensin oktan tinggi hampir dua kali lipat lebih dibanding bensin premium.
  • Harga sparepart asli sangat mahal harena merujuk nilai tukar dollar US


  • Dampak pemakaian bensin oktan rendah pada EFI (Electronic Fuel Injection) dan catalytic converters (pengubah katalitik) disamping boros akan menciptakan masalah besar pada kerusakan mesin, terutama bagian piston bisa jadi jebol bolong dan stang jadi bengkong rusak.

  • Pada mesin kendaraan konvensional ( karburator ) jika pakai bensin oktan tinggi akan menghasilkan performa kurang bagus. Hal ini karena sifat bensin oktan tinggi tidak akan terbakar (self burning) sebelum titik mati atas (tdc) sehingga menyisakan kerak karbon.
  • Pada mesin kendaraan konvensioanl (karburator) pemakaian bensin oktan rendah – yang tidak fresh (energy potensialnya sudah menurun) akan mengakibatkan hasil pembakaran tidak sempurna, sehingga mencipatakan emisi tinggi. Endingnya performa mesin tidak bisa maksimal dan bahan bakar jadi boros.
Title: Masalah Pokok Kendaraan di Dunia; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

Video Persentasi

Tek Berjalan

ukuran teks berjalan